October 10, 2009

Pada awalnya...

Sejak kecil, orang tuaku sudah sering mengajakku bepergian antar kota, membuatku terbiasa dengan perjalanan jauh: berjam-jam di dalam travel, bus, kereta, pesawat, bahkan sampai berhari-hari di atas kapal. Yang paling berkesan adalah tujuh hari di atas kapal dari Jayapura ke Papua, mengingatnya saja membuatku ingin melakukan perjalanan jauh dengan kapal lagi.

Perjalanan jauh pertama yang kulakukan seorang diri adalah dengan travel, Bandung-Purwokerto, saat SMP kelas 1. Tidak susah memang, aku hanya perlu duduk manis selama 6-7 jam. Dan perjalanan pertama yang layak disebut 'traveling' (dimana aku harus mengatur sendiri transportasiku, mencari tempat menginap, dan dengan tujuan untuk wisata), adalah saat kabur dari Semarang ke Jogjakarta bersama sejumlah teman selama 2 hari, saat SMU. Kabur, karena orang tuaku tidak mengetahuinya. Selanjutnya, sejumlah perjalanan selama masa kuliah, ke sini dan ke sana, tapi sejujurnya, tidak banyak berkesan. Sampai tahun 2008, saat aku melangkahkan kakiku ke Italia.

Tujuan awal aku ke sana adalah mencari ilmu dan mencari penghidupan, yang sayangnya, tidak tercapai. Namun perjalanan itu tidaklah sia-sia. Di sana aku menemukan mimpi-mimpi baru dalam hidupku, salah satunya adalah: melihat dunia lebih banyak lagi. Dan pada saat aku kembali ke Bandung, aku bertemu banyak orang yang juga ingin melihat dunia, termasuk orang asing yang sedang mewujudkan mimpinya juga untuk melihat dunia.

Dan jika Tuhan berkenan, aku akan mewujudkan mimpi-mimpiku.

1 comment:

Cely said...

FYI aja, aku ikut kursus ini..
hehe, gutluck buat kita ber2 ya ^o^

-cely-